Pedoman Warranty
Kendaraan Baru Toyota Anda (36 Bulan/100.000 Km*)
*mana yang tercapai lebih dahulu
Untuk lebih jelas perihal Warranty, silakan merujuk pada Buku
Warranty dan Servis Berkala.
KETENTUAN DAN KONDISI WARRANTY TOYOTA memberikan jaminan apabila terdapat
kerusakan pada komponen atau hasil kerja pabrikan.
Dengan kondisi :
1. Kecacatan telah
diinformasikan kepada dealer TOYOTA hanya sebelum kendaraan menempuh jarak 3
tahun atau 100.000 km terhitung sejak penyerahan kendaraan kepada Anda, mana
yang tercapai terlebih dahulu. Model Toyota yang termasuk adalah model yang
diproduksi yang memiliki no rangka (VIN Code) mulai tahun 2005. Khusus untuk
Kijang Pick-Up dan Dyna, claim cat dan karat memiliki masa warranty selama 2
(dua) tahun atau 50.000 km, terhitung sejak penyerahan kendaraan kepada Anda,
mana yang tercapai terlebih dahulu.
2. Selalu melakukan
perawatan berkala sesuai ketentuan di buku servis di bengkel resmi TOYOTA.
3. TOYOTA telah memastikan
bahwa kecacatan terdapat pada komponen atau karena hasil kerja pabrikan dan
bukan dikarenakan :
|
- Penggunaan
kendaraan yang salah seperti berpacu pada kecepatan tinggi, kelebihan
beban dan modifikasi.
- Bunyi,
getaran, berisik dan perubahan bentuk yang normal.
- Pengoperasion
kendaraan setelah diketahui adanya kerusakan.
- Kecelakaan
atau kejadian yang disengaja.
- Bencana
alam seperti banjir, kilat, halilintar, dll.
- Korosi
pada cat diakibatkan oleh kerikil-kerikil atau goresan pada cat.
- Rusak
atau retaknya bahan-bahan yang terbuat dari kaca yang diakibatkan oleh
factor-faktor dari luar kecuali yang disebabkan oleh kecacatan material
dan/atau hasil kerja pabrikan.
- Kegagalan
dalam melaksanakan perawatan atau perbaikan sendiri.
- Penambahan
bahan (additives) dan pemasangan part atau aksesoris yang tidak asli
dikeluarkan oleh PT. TOYOTA-ASTRA MOTOR.
|
TOYOTA akan memulihkan
kerusakan dengan cara perbaikan atau sesuai kondisi dengan cara mengganti
komponen yang rusak dan tidak mengganti dengan kendaraan yang baru.
SEPUTAR PROSEDUR WARRANTY
|
Bagaimana mengklaim
warranty ?
|
|
1. Pertama-tama buat
perjanjian dengan dealer resmi TOYOTA terdekat.
2. Bawa kendaraan dan buku
warranty Anda ke bagian Service untuk evaluasi klaim Anda
|
|
Apakah saya harus
membayar biaya perawatan selama periode warranty ?
|
|
Biaya perawatan berkala
tidak ditanggung oleh warranty kendaraan baru TOYOTA. Akan tetapi untuk
perawatan berkala 1.000 km dan 5.000 km bebas biaya jasa. Pelumas dan part
yang digunakan dalam perawatan ini menjadi tanggung jawab Anda
|
|
Part dan material apa
saja yang tidak termasuk dalam item warranty ?
|
|
1. Item-item yang dapat
habis atau mengalami keausan
2. Material yang
terkonsumsi kecuali dikarenakan cacat dari pabrik, seperti :
|
|
- Elemen pembersih (filter)
- Kanvas rem
- Kopling
- Tali kipas
- Cairan elektrolit
- Gemuk
- Busi
- Penghapus kaca
- Sekering
- Platina
- Bola lampu
- Dan lain-lain
|
|
Hal-hal lain apa saja
yang tidak ditanggung oleh warranty pabrikan ?
|
|
1. Biaya dan kerugian yang
timbul seperti :
· Biaya telepon
· Akomodasi
· Sewa kendaraan
· Biaya Derek
· Hilangnya waktu
· Risiko bisnis
· Dan lain-lain.
2. Kerusakan atau korosi
pada permukaan kendaraan dikarenakan lingkungan seperti :
o Hujan asam
o Kejatuhan sesuatu (zat kimia, getah pohon, kotoran burung, dan
lain-lain)
· Garam
· Badai angin
· Kilat
· Banjir
· Bencana alam lainnya.
|
|
Hal apa yang penting
dan dapat membatalkan hak warranty ?
|
|
1. Mengubah odometer atau
ditukar sehingga pembacaan odometer menjadi meragukan.
2. Menggunakan bahan
bakar, pelumas, oli atau minyak (fluida) yang tidak sesuai dengan
spesifikasi yang direkomendasikan oleh TOYOTA, seperti tertulis dalam buku
PEDOMAN PEMILIK.
|
|
Bagaimana dengan
warranty untuk baterai, dan ban ?
|
|
1.
Baterai.
Masa warranty baterai yang dipergunakan sebagai perlengkapan
asli kendaraan TOYOTA adalah selama 2 (dua) tahun atau 50.000 km, mana yang
tercapai terlebih dahulu.
2.
Ban.
Warranty untuk ban diatur tersendiri dengan jaminan yang
disediakan oleh pabrik pembuatnya.
|
|
No comments:
Post a Comment